Bodoh

Alhamdulillah saya sudah membuat 23 judul video tutorial ProActive dengan beragam tema.

Salah satu modal saya untuk menghasilkan konten pembelajaran sebanyak itu adalah kemampuan saya membodohkan diri. Yang saya maksud dengan membodohkan diri adalah mempelajari sebanyak mungkin referensi untuk tema yang akan saya ajarkan. Walaupun dari judulnya saya sudah bisa menebak apa yang dibahas pada sebuah referensi, saya tetap mempelajari referensi tersebut sampai tuntas. Saya sering menemukan hal-hal kecil yang belum saya ketahui dan perlu saya ajarkan melalui video pembelajaran yang saya buat.

Saya bukan praktisi di bidang yang saya ajarkan. Saya hanya praktisi pengajar, tepatnya #PengajarDigital. Sebagai #PengajarDigital saya bertekad mengajar apa saja. Termasuk hal-hal yang rumit sekalipun. Ada kepuasan tersendiri apabila saya bisa mengajarkan hal-hal rumit menjadi sesuatu yang ringan dan mudah dipelajari.

Berdasarkan pengalaman saya, tidak semua ahli/praktisi bidang tertentu bisa membuat video pembelajaran seperti yang saya buat. Mereka biasanya hanya mau mengajarkan hal-hal praktis berdasarkan pengalaman mereka. Padahal kita juga perlu mengajarkan hal-hal dasar, agar orang yang mempelajarinya bisa mengembangkan kreatifitas baru. Tidak hanya meniru apa yang diajarkan.

Untuk pelajaran yang levelnya Advance saya ingin berkolaborasi dengan para praktisi/ahli bidang tertentu. Agar saya dan mereka bisa saling melengkapi. Kalau ada praktisi/ahli yang berminat bekerjasama dengan saya, silahkan kontak via email ign[at]ign.web.id.

Seorang pengajardinilai berhasil kalau muridnya menjadi lebih pintar dari dirinya. Dia tidak akan pernah iri kalau muridnya lebih pintar, lebih sukses dan lebih kaya dari dirinya. Justru itu sumber kebahagiaan baginya. Sebagai #PengajarDigital saya memilih untuk tetap ‘bodoh’ agar saya selalu terpacu belajar banyak hal yang akan saya ajarkan lagi.

Saya selalu teringat quote populer Steve Jobs. Stay Foolish, Stay Hungry.